Monday, May 7, 2018

Pengenalan Program C++ lengkap dan mudah

Pengenalan Program C++

C++ merupakan salah satu bahasa pemrograman yang popular di dunia. C++ telah mendukung OOP(Object Oriented Programming) sehingga dapat mengurangi kompleksitas sebuah program yakni mampu meningkatkan produktivitas kinerja 2x lipat dari suatu program lebih baik daripada bahasa C, Pascal dan Basic.

Berikut ini contoh program C++ yang sederhana


#include <iostream.h>
void main()
{
cout << “Hello world”; // perintah output
 }


Setelah dicompile dan dirun, hasilnya adalah  "Hello World"

Fungsi main()

Program C++ selalu terikat dengan suatu fungsi. Hal ini disebabkan karena program C++ merupakan bagian OOP(Object Oriented Program). Program C++ minimal memimiliki satu fungsi main(). Fungsi main() merupakan awal program utama dari C++. Main() merupakan nama fungsi dalam C++ sedangkan bagian yang terapit oleh tanda  " { } " disebut blok/tubuh dari suatu fungsi. 
Void main(). Perintah void menyatakan bahwa fungsi main() tidak mengembalikan suatu nilai.
Selain menggunakan fungsi void main(). Program C++ juga biasa ditulis menggunakan  int main()
Perhatikan contoh berikut.

#include <iostream.h>
 int main()
 {
cout << “Hello world”; // perintah output
 }


Statement

Statement biasanya identic dengan Perintah cout. Dalam contoh diatas cout<<”hello word”; merupakan salah satu contoh statement dalam program C++.  Cout berfungsi untuk menampilkan/mencetak suatu output/tulisan program pada layar. Perlu diperhatikan bahwa statement selalu diakhiri dengan tanda " ; "

File Header

File header merupakan komponen utama dalam pendeklarasian program C++. File header berfungsi untuk menjalankan fungsi yang ada dalam program C++. Pada contoh diatas  #include <iostream.h>
Merupakan file header dari program tersebut iostream merupakan salah satu file header yang berfungsi untuk perintah input (cin) dan output (cout). File header diakses dengan perintah #include <file header>. Perlu diketahui bahwa Dalam suatu program C++ dapat melibatkan banyak file header.

Komentar

Dalam suatu program komentar diperlukan untuk memberikan deskripsi atau memperjelas fungsi suatu program. Dalam pemrograman komentar tidak akan tercompile sehingga tidak akan tampil deprogram dalam program c++ penulisan komentar ada 2 tipe .

Tipe penulisan komentar  pertama.

// ---------------------------------
// ini adalah komentarku yang pertama
// ---------------------------------

Tipe penulisan komentar kedua.

/* --------------------------------- 
 ini adalah komentarku yang kedua  

 ---------------------------------- */


itulah sedikit penjelasan tentang pengenalan program C++ semoga bermanfaat dan terima kasih.


EmoticonEmoticon